Mengusung Tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas", Lapas Probolinggo Lakasanakan Upacara


Probolinggo – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai, Selasa (1/10). Upacara ini dilaksanakan di halaman upacara Lapas Probolinggo, sesuai dengan pedoman yang disampaikan melalui surat Sekretaris Jenderal Kemenkumham No: SEK-UM.04.01-1139, tanggal 27 September 2024. Mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, peringatan tahun ini bertujuan untuk menegaskan kembali pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dalam membangun bangsa yang lebih maju.

Upacara ini dipimpin oleh Moh. Firman Arief W selaku Kasi Binadik dan Giatja yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sejumlah pejabat lainnya juga turut berperan sebagai petugas upacara, antara lain Kaur Umum sebagai Perwira Upacara, Kaur Kepegawaian dan Keuangan sebagai Komandan Upacara, serta Yuni Artika Rahayu sebagai Pembawa Acara dan sejumlah pegawai lainnya yang bertugas para upacara kali ini.

Upacara berlangsung khidmat dengan susunan acara yang dimulai dari laporan Komandan Upacara, penghormatan umum, mengheningkan cipta, hingga pembacaan Teks Pancasila. Selain itu, turut dibacakan naskah Pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh Tatas Aji, sementara M Yanuar R ditunjuk untuk membacakan Naskah Ikrar dan upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh Yahdi Islahudin.

Upacara ini juga diikuti dengan sesi foto bersama sebagai bentuk kebersamaan dan penghargaan atas terlaksananya kegiatan tersebut dengan sukses. Tidak hanya melalui upacara, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini juga disemarakkan oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) Lapas Probolinggo dengan mengglorifikasikan kegiatan tersebut di media sosial. Publikasi ini dilakukan berdasarkan pedoman dari Sekretariat Jenderal, sebagai bentuk kontribusi ASN dalam mempromosikan nilai-nilai Pancasila dan merayakan momen bersejarah ini dengan seluruh masyarakat. 

Kalapas Probolinggo, Dadang Rais Saputro menyampaikan upacara ini penting dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai Pancasila" Dengan adanya upacara ini mengingatkan kita untuk selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila disetiap langkah kita"jelasnya.






#jatimpastihebat

#semangatbestari

@kemenkumhamri

@kumhamjatim

@ditjenpas

@diary_kemenkmham

@kemenpanrb

Post a Comment for "Mengusung Tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas", Lapas Probolinggo Lakasanakan Upacara"